Oleh: Eka Pawit Martiana
A.Tugas dan Fungsi Guru
Tugas Guru sebagai
seorang pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, guru khususnya ia dibekali
dengan ilmu keguruan sebagai dasar, disertai pula denganseperangkat latihan
keterampilan keguruan dan pada kondisi itu pula ia belajar memersonalisasikan
sikap keguruan yang diperlukanya. Seorang yang berpribadi khusus yakni ramuan
dari pengetahuan sikap dan keterampilan keguruan yang akan ditrasformasikan
kepada anak didik atau siswanya.
Guru yang memahami fungsi
dan tugasnya tidak hanya sebatas dinding sekolah saja, tetapi juga sebagai
penghubung sekolah dengan masyarakat yang juga memiliki beberapa tugas menurut
Rostiyah(dalam djramah,2000; 36) menemukan bahwa fungsi guru dan tugas guru
prifesional adalah :
1. Menyerahkan kebudayaan
kepada anak didik berupa kepandaian, kecakapan dan pengalaman-pengalaman.
2. Membentuk kepribadian
anak yang harmonis sesuai cita-cita dan dasar Negara kita pancasila.
3. Menyiapakan anak menjadi
warga Negara yang baik sesuai dengan undang-undangpendidikan yang
merupakankeputusan MPR No. 2 Tahun 1983.
4. Sebagai prantara dalam
belajar.
5. Guru adalah sebagai
pembimbing untuk membawa anak didik kearah dewasaan.
6. Guru sebagai penghubung
antara sekolah dan masyarakat.
7. Sebagai penengak
disiplin. Guru member contoh dalam segala hal, tata tertib dapat berjalan
apabila guru menjalaninya terlebih dahuli.
8. Sebagai administrator dan
manager guru sebagai perencanaan kurikulum.
9. Guru sebagai pemimpin.
10. Guru sebagai sponsor
dalam kegiatan anak anak.
Seorang guru baru dikatakan sempurna jika fungsinya sebagai
pendidik dan juga fungsi sebagai pembimbing, dalam hal ini pembimbing yang
memiliki sarana dan serangkaian usaha dalam memajukan pendidikan. Membimbing
dalam hal ini dapat dikatakan sebagai kegiatan menuntun anak didik dalam
perkembanganya dengan jelas dalam memberikan langakah dan arah yang sesuai
dengan tujuan pendidikan.
B. Peran Guru
Peranan guru
dalam kegiatan belajar mengajar dapat disebutkan sebagai berikut :
1.
Fasilitator
Sebagai fasilitator, guru
hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan
pembelajaran.
2.
Motivator
Sebagai motivator guru
hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar.
3.
Infomator
Sebagai infomator guru
harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
selain sejumlah bahan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diprogamkan
dalam kurikulum.
4.
Pembimbing
Peran guru yang tidak
kalah pentingnya dari semua peran yang telah disebutkan diatas sebagai
pembimbing.
5.
Korektor
Sebagai korektor guru
harus bisa membedakan mana nilai yang baik dan buruk.
6.
Inspirator
Sebagai inspirator guru
harus dapat membedakan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik.
7.
Organisator
Sebagai organisator
adalah sisi lain dari peranan yang diperlukan oleh guru dalam bidang ini
memiliki kegiatan pengelolaan kegiatan akademik.
8.
Inisator
Guru harus dapat menjadi
pencetur ide-ide kemajuan dan pendidikan dalam pembelajaran.
9.
Demonstrator
Dalam interaksi edukatif,
tidak semua bahan perlajaran anak didik pahami.
10.
Pengelolaan kelas
Guru hendaknya dapat
mengelola kelas dengan baik karena kelas adalah tempat terhimpun anak didik dan
guru rangka menerima bahan pembelajaran dari guru.
11.
Mediator
Guru hendaknya memiliki
pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai
bentuk dan jenisnya baik media non
material maupun material.
12.
Supervisor
Guru hendaknyadapat
membantu memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pembelajaran.
13.
Evaluator
Guru dituntut untuk
menjadi evaluator yang baik dan jujur dengan memberikan penilaian yang
menyentuh aspek intrinsic dan ekstrinsik.
maksih
BalasHapus