Halaman

Welcome to my blog !

Senin, 23 Juni 2014

Selalu Ada Jalan Untuk Berubah Menjadi Pribadi yang Lebih Baik berama sahabat-sahabat Hafara


            Alhamdulillahirobbil’alamin. Saya dan teman-teman A3-11 masih diberi kesempatan untuk berkunjung dan bersilaturahmi bersama sahabat kesalah satu panti disekitar kampus Universitas PGRI Yogyakarta tepatnya dipanti Hafara Yogyakarta, yang beralamat di RT.05 RW.17 Gonjen Tamantirto Kasihan Bantul, Yogyakarta dan insyaalloh semoga saya disini bisa berbagi dari hasil kunjungan kemarin yang saya lakukan bersama teman-teman yang lain. Saya dan sahabat Panti Hafara disana bermain dan berbagi pengalaman bersama serta saling bertukar pikiran dengan orang-orang yang ada dipanti tersebut. Berdasarkan kunjungan saya beserta teman-teman dari kelas A3-11 Universitas PGRI Yogyakarta ke Panti Hafara Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 06 Juni 2014 saya dipertemukan dengan beberapa orang yang semangatnya sangat luar biasa meskipun kehidupan merekan sangat memprihatinkan  dengan suasana tempat sangat sederhana tetapi menjadikan hati dan penglihatan ini terus menerus bersyukur dan merasa nyaman akan keindahan yang ada dip anti asuhan tersebut. Saya juga merasa lebih bersykur karena hidup saya jauh lebih baik disbanding dengan sahabat-sahabat dip anti Hafara.
            Saya disana disambutan dari perwakilan pimpinan Panti Hafara yang sangat antusias dan  dari adik-adik Panti. Saya disana  saling bertukar pendapat dengan pemimpin panti, saling bertanya tentang seluk beluk panti tersebut. Petugas pantipun menjawab pertanyaan saya dan teman-teman dengan penuh antusias. Setelah cukup banyak bertanya tanya tentang kehidupan panti saya dan teman-teman melanjutkan acara selanjutnya yaitu mengajak seluruh anak-anak untuk bermain bersama sebagai cara kami untuk menghibur para adik-adik panti Hafara tersebut.

            Awal  berdirinya Panti Hafara ini ternyata dari kegelisahan kehidupan di jalanan yang bukanlah suatu hal yang mudah, mungkin bisa diumpamakan “nyawa menjadi taruhannya”. beberapa orang yang di dalamnya ada yang pernah tercebur di jalanan melakukan obrolan-obrolan, saling bertutur cerita pengalaman semasa menjadi anak jalanan. Nama Hafara dicetuskan oleh Em Ha Ainun Najib. Kepanjangan dari HAFARA adalah Hadza Min Fadli Rabbi, yang artinya Kemurahan hati Tuhan.. Ternyata ada suatu harapan dibalik semua itu agar organisasi tersebut selalu mendapat kemurahan dari Tuhan, serta diberi kemudahan dalam perjuangannya mengentaskan anak jalanan dan para orang-orang yang terkena kasus narkoba dan berusaha ingin sembuh dan berubah.
Beberapa Pelayanan yang ada diPanti HAFARA antara lain :

  1. Panti Anak HAFARA Merupakan Pelayanan dan pembinaan dalam Panti Anak Hafara diperuntukan kepada anak-anak yatim dan dhuafa binaan Panti Hafara, system pembinaan yang diterapkan dalam Panti Anak Hafara adalah system pemondokan untuk memudahkan monitoring perkembangan anak, melatih kemandirian, kedisiplinan serta kemampuan bersosialisasi dari anak-anak Hafara. Fasilitas yang disediakan untuk menunjang pembinaan dipanti Hafara antara lain :  Asrama, Perpustakaan, Fasilitas IT (Komputer), Pemenuhan perlengkapan penunjang Sekolah. Kegiatan mentoring dan pembimbingan rutin yang diperuntukan kepada anak-anak Hafara. Berikut adalah beberapa diskripsi kegiatan rutin Panti Anak Hafara: Bimbingan Ketakwaan, Pengajian dan TPA, Pendampingan BIMBEL Privat, Kelas Kreatif, Pertunjukan Musik.
  2. Panti Sosial Pondok Dhuafa (PSPD) adalah system pemondokan seperti pada pondok-pesantren dengan syarat “kontrak-sosial” ketika rekan-rekan pasca gepeng (gelandangan-pengemis) telah masuk kedalam panti, mereka tidak boleh lagi turun kejalan dan harus ikut berpartisipasi dalam usaha-usaha ekonomi produktif yang dikembangkan Panti Hafara. Berikut beberapa fasilitas yang diberikan panti Hafara kepada rekan-rekan pasca gepeng binaan Panti Hafara: Asrama/Kamar tinggal, Pelibatan dalam Usaha Ekonomi Produktif Panti, Konsumsi/Permakanan untuk kesehariannya.  
  3. Panti Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan/Psikotik dengan seiring berjalannya waktu Panti Hafara kini telah dapat melakukan pelayanan pembinaan dan rehabilitasi kepada penderita gangguan kejiwaan/mental (psikotik) secara mandiri dalam Panti Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan/Psikotik. Dan untuk memaksimalkan pelayanan tersebut panti Hafara menyediakan fasilitas pendukung untuk Rehabilitasi Psikotik antara lain: Kamar Isolasi, Asrama/Kamar tinggal, Konsumsi/Permakanan.
            Sudah 8 tahun kurang lebih Panti Hafara ini berdiri dengan kepunyaan atas yayasan, dengan bertempat tanah milik desa, Jumlah anak disana sekitar 40 anak. Anak yang masih sekolah disekolahkan disekitar panti Hafara, hasil wawancara dengan salah satu perwakilan Panti saya beserta teman-teman anak-anak ada yang disekolahkan di SMP PGRI, Mataram, SD Brajan dan Muhammadiyah. Yang mendiami Panti Hafara terdiri dari anak yatim, anak piatu, serta yatim piatu bahkan ada yang diantar oleh masyarakat dari jalanan, orang yang terkenan gangguan jiwa. Untuk agama semuanya menganut agama Islam. Untuk pengurus jumlahnya ada 12 orang.  
            Yang membuat saya terkejut dan heran ada beberapa orang dewasa yang terkena gangguan jiwa, disana cara penyembuhan dengan penyembuhan terapi seperti terapi music secara rutin, hal ini bisa mengurangi rasa trauma yang pernah dialaminya masa lalunya. Saya semakin terharu ketika saya mendengarkan cerita dari salah satu pemuda yang tekadnya sangat luar biasa yang bernama F, F berasal dari Jakarta. Dia adalah pecandu narkoba yang disebabkan oleh gangguan yang terjadi karena lingkungan sosial disekelilingnya. Baru 6 bulan F sudah sembuh dari kecanduannya dan awalnya F tahu Panti Hafara itu dari keluarganya. Ternyata dengan memotivasi dirinya sendiri F bisa berhasil untuk berubah ke zona yang lebih baik dengan tekad ingin hidup lebih berarti, dan sampai saat inipun F belum kembali keJakarta yang merupakan tanah kelahirannya, begitu pula dari orang tua tidak memperbolaehkan F untuk pulang kembali, tetapi setiap bulan satu kali F selalu dijenguk rutin oleh keluarganya. Hal itu beralasan karena takutnya F kembali kecanduan lagi. F berkata kepada kita semua jika bertekad untuk menjadi relawan di Panti Hafara agar hidupnya lebih berarti lagi.  
Kemudian ada salah satu wanita yang Psikotik yang bernama Bu A, dia sekarang menjadi pengurus kewanitaan. Demikianlah beberapa jam ditempat yang begitu damai.. 
            Dipanti Hafara anak-anak juga diberi pendidikan untuk bersekolah seperti anak-anak seumurannya. Disana ada yang bersekolah diSD maupun ada juga yang sudah sekolah di SMP dan semua itu dibiayai oleh pengurus panti tersebut. Anak-anak disana juga disediakan fasilitas taman bermain dan juga ada kolam renang kecil untuk bermain air para adik-adik Hafara.
            Dipanti hafara juga para pengurus mengajarkan anak-anak untuk hidup mandiri dengan cara mengajarkan anak tersebut sejak kecil untuk diajarkan cara berkebun, berternak ikan, membuat karya kreatif seperti gantungan kunci,pigura foto, dll. Dari hasil tersubut dijadikan oleh pengurus panti untuk dijadikan sumber penghasilan sebagai kebutuhan hidup anak-anak panti.
Hal itu dilakukan oleh pengurus panti karena mereka juga harus mandiri untuk tidak selalu bergantung pada sumbangan – sumbangan oleh pihak donatur.




Perkebunan dan perikanan dipanti Hafara
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar